Headlines News :
Home » » Kafein Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Kafein Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Written By helmy satria on Minggu, 19 Januari 2014 | 19.37

Headline
London - Kafein tidak hanya berguna untuk melawan rasa kantuk, namun juga bisa meningkatkan daya ingat.

Penelitian Johns Hopkins University di Baltimore, AS, ini mempelajari efek kafein terhadap orang-orang yang tidak mengonsumsi produk mengandung kafein secara reguler.

Tak kurang 160 peserta diminta melihat serangkaian gambar, lalu diberikan kafein dalam bentuk pil berdosis 200 mg, atau setara dengan kandungan kafein dalam secangkir kopi besar. Sejumlah responden juga diberi pil kafein palsu.

Ingatan responden diuji keesokan harinya. Para peneliti dengan sengaja menunjukkan campuran dari gambar-gambar lama, baru, atau serupa.

Hasilnya, mereka yang menerima dosis kafein mengenali gambar-gambar yang serupa dan tidak keliru dan secara umum memperlihatkan daya ingat yang lebih baik dibandingkan responden yang meminum pil kafein palsu.

Kepala tim peneliti, Michael Yassa, mengatakan bahwa penemuan ini bukan berarti publik harus bergegas dan mengkonsumsi kafein sebanyak-banyaknya. Sebab para ahli memperingatkan bahwa kafein juga mampu menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

"Penggunaan kafein sebaiknya yang sewajarnya saja. Riset kami menunjukkan bahwa 200 mg kopi bermanfaat bagi mereka yang tidak mengkonsumsi kafein secara teratur. Tapi perlu diingat jika Anda seorang peminum kafein reguler, jumlah ini bisa berubah," ujarnya seperti dilansir BBC.

Sementara itu, Dr Ahok Jansari dari Fakultas Psikologi University of East London, Inggris, mengatakan kafein tampaknya hanya bermanfaat 'mempertajam' memori, bukan membuatnya lebih baik.

"Saya tidak menyarankan agar orang-orang mulai mengonsumsi kafein sebanyak mungkin, karena dosis di atas 200 mg mungkin tidak banyak membantu dan terlalu banyak kafein dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh," katanya.

Sumber : inilah.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat berkomentar !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Iptek Today - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger