Headlines News :
Home » » Cari Uang Saat Liburan, Mahasiswa Jadi 'Penulis Hantu'

Cari Uang Saat Liburan, Mahasiswa Jadi 'Penulis Hantu'

Written By helmy satria on Rabu, 22 Agustus 2012 | 00.42


Foto : ST/Edvantage

CHINA - Banyak siswa SMA dihadapkan dengan tumpukan pekerjaan rumah (PR) di akhir liburan musim panas mereka. Sebagai solusi, mereka pun menyewa 'penulis hantu' untuk menyelesaikan PR tersebut, terutama para mahasiswa.  
Salah seorang mahasiswa junior di China Agricultural University yang hanya memberikan namanya You membenarkan hal tersebut. "Harganya sekira 30 yuan atau sekira Rp45 ribu (Rp1.491 per Yuan) untuk menyelesaikan satu set tugas untuk siswa SMA. Kami memiliki tim yang terdiri dari tiga anggota untuk mengerjakan mata pelajaran berbeda. Jadi kami dapat menyelesaikan semua pekerjaan rumah mereka, baik matematika atau bahasa Inggris," kata You, seperti dikutip dari China Daily, Senin (20/8/2012).

You mengatakan, selama liburan musim panas, dia bersama teman-temannya hanya tinggal di kampus. "Kami ingin menghasilkan uang dan membantu siswa SMA menyelesaikan tugas mereka adalah cara mudah. Salah seorang teman saya memperoleh sekira 4 ribu Yuan atau senilai Rp6 juta tahun lalu karena melakukan hal ini," ujarnya.

Namun, dia menolak mengatakan berapa banyak pendapatnya dari pekerjaan sampingan tersebut. "Mereka memberi kami pekerjaan rumah mereka ketika pertemuan tatap muka. Mereka menceritakan rincian, seperti berapa persen pertanyaan yang harus dijawan dengan benar dan menunjukkan kepada kami tulisan tangan mereka," paparnya.

Menurut You, kecurigaan para guru terhadap pekerjaan mereka sangat minim. Sebab, guru hanya memberikan sedikit perhatian ke tugas, sehingga tidak sulit bagi mereka untuk memalsukan PR tersebut.

You dan teman-teman sekelasnya adalah bagian dari kelompok yang lebih besar yang menyediakan jasa untuk melakukan pekerjaan rumah bagi orang lain. Sedikitnya 40 iklan yang menyatakan dengan jelas bahwa mereka dapat membantu siswa menyelesaikan pekerjaan rumah mereka. Informasi ini dapat ditemukan di halaman pendidikan Beijing 58.com, sebuah situs web yang populer untuk berbagi informasi dan pertukaran barang.

Di kota-kota lainnya, 'penuis hantu' dapat ditemukan dengan mudah di internet. Dan diskon besar akan diberikan kepada siswa jika mereka mengajukan permohonan dalam bentuk kelompok beranggotakan minimal 10 orang. "Bahkan jika hanya dua siswa datang kepada saya, harga akan turun. Sebesar 5 Yuan (Rp7 ribu) untuk masing-masing," ungkap You.

Seluruh murid sebuah kelas di suatu sekolah tinggi menengah di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, meminta bantuan dari para penulis hantu untuk mengerjakan 200 lembar tugas menulis China. Dengan permintaan berkelompok tersebut mereka mendapat diskon sehingga untuk setiap lembar tugas dikenakan harga 8 Yuan (Rp12 ribu).

Sumber : Okezone

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat berkomentar !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Iptek Today - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger