Headlines News :
Home » , , » Seleksi Masuk FK UII Ketat

Seleksi Masuk FK UII Ketat

Written By helmy satria on Kamis, 19 Januari 2012 | 05.37

Ilustrasi: ist.
Ilustrasi: ist.

YOGYAKARTA
– Persaingan calon mahasiswa yang ingin masuk Fakultas Kedokteran (FK) di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sangat ketat.

Berdasarkan hasil paper based test (PBT) atau pendaftaran melalui jalur cepat gelombang I yang diumumkan kemarin, dari 540 pendaftar, hanya lima orang yang dinyatakan lolos, atau dengan rasio 1:108.

"Jumlah pendaftar Fakultas Kedokteran menggunakan jalur seleksi PBT ini yang terbanyak dibandingkan jurusan lain," ujar Head Of Marketing and Adminission UII Awan Satya Dewanto, kemarin.

UII pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 ini akan menerima 4.200 mahasiswa baru melalui enam gelombang. Khusus pendidikan dokter, kuota yang ditetapkan adalah 150 orang. Enam gelombang yang digelar dapat menyaring 25 pendaftar. Artinya, masih ada kekurangan 20 calon mahasiswa.

"Penerimaan mahasiswa baru tidak membatasi tahun ijazah SMA/sederajat dan menerima siswa kelas XII yang sekarang masih bangku sekolah asalkan siswa itu lolos seleksi dan nantinya lulus ujian nasional," tandasnya.

Banyaknya peminat yang ingin masuk pendidikan dokter menunjukkan kredibilitas jurusan tersebut. Berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Fakultas Kedokteran UII mendapatkan akreditasi B. UII dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini menggunakan tiga pola, yaitu PBT, computer based test (CBT), dan penelusuran siswa berprestasi (PSB).

Dari pola ini, akumulasi pendaftar baik dari PBT, CBT, dan PSB tercatat 1.596 pendaftar. Meskipun kental nuansa Islam, UII juga menerima mahasiswa nonmuslim.

"Kami mencatat ada empat calon mahasiswa nonmuslim yang mengikuti tes," ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII Syamsudin. (priyo setyawan/koran si)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat berkomentar !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Iptek Today - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger