Headlines News :
Home » » Seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Diploma UNAIR

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Diploma UNAIR

Written By helmy satria on Senin, 27 Juni 2011 | 01.01

Program Studi:

FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
KELOMPOK IPA
Kedokteran D3 Analis Medis 50
D3 Pengobat Tradisional 40
D3 Rehabilitas Medik/Fisioterapi 40
D3 Radiologi 50
Kedokteran Gigi D3 Teknik Kesehatan Gigi 50
Kedokteran Hewan D3 Kesehatan Ternak Terpadu 30
Sains dan Teknologi D3 Sistem Informasi 60
D3 Otomasi Sistem Instrumentasi 40
Kesehatan Masyarakat D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja 50
KELOMPOK IPS
Ekonomi dan Bisnis D3 Akuntansi 120
D3 Perpajakan 120
D3 Manajemen Pemasaran 75
D3 Manajemen Perhotelan 50
D3 Manajemen Perbankan 50
D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran 50
F I S I P D3 Kepariwisataan/Bina Wisata 100
D3 Teknisi Perpustakaan 60
Ilmu Budaya D3 Bahasa Inggris 100

Persyaratan

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Diploma UNAIR dapat diikuti oleh lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011. Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
  • D3 Fisioterapi
    Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
  • D3 Analis Medis
    Tidak menyandang ketunaan fisik
  • D3 Pariwisata
    Usia maksimal 22 tahun dengan tinggi badan minimal bagi Pria 165 cm dan Wanita 155 cm
  • D3 Teknik Kesehatan Gigi
    Usia maksimal 25 tahun
  • D3 Radiologi
    Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
  • D3 Bahasa Inggris
    Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap)
  • D3 Manajemen Perhotelan
    Tidak menyandang segala macam ketunaan fisik.

DOWNLOAD BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN 2011
    Download BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN 2011

Alur Pembayaran dan Pendaftaran PPMB (Online) dapat digambarkan sebagai berikut :

TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
  1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web ppmb unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
  2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PPMB-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan membawa nomor voucher.
  3. Pastikan Kelompok Ujian yang Dituju kepada pihak Bank Mandiri (IPA/IPS/IPC), Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp450.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, atau sebesar Rp450.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPC tekan ok dst....
  5. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
    1. Nomor voucher.
    2. PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri.
    3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
    4. Waktu transaksi.
  6. Buka pendaftaran online PPMB Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
  7. Masukkan Nomor Voucher dan PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
  8. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:

I. DATA DIRI

  1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
  2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
  5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
  6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
  7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
  8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).

II. DATA PENDIDIKAN

  1. Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
  2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
  3. Pilih asal sekolah yang sesuai.
  4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
  5. Pilih status SLTA yang sesuai.
  6. Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
  7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
  8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.

III. DATA KELUARGA

  1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
  2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
  3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
  4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
  5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
  6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
  7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
  8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.

IV. PROGRAM STUDI PILIHAN

  • Pilih program studi pilihan Anda.

V. LAIN - LAIN

  • Seluruh Data yang telah Diisikan pada Form Pendaftaran Online sepenuhnya menjadi TANGGUNG JAWAB PESERTA

Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik


KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :

  1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik terpenuhi, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
  2. Untuk perbaikan data tekan tombol edit, ubah data yang perlu dirubah untuk kolom tempat lahir(propinsi & kota) tgl lahir, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, tempat sekolah (propinsi & kota), asal sekolah (tahun, status, jurusan, sumber biaya), Pendidikan ayah ibu, pekerjaan ayah ibu, penghasilan ayah ibu dan prodi dan minat studi harus diisi ulang sedangkan data yang kosong harus diberi tanda -
  3. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
  4. Jika isian sudah benar semua dan sudah tercetak, tekan tombol selesai.
  5. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.

Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang


VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  2. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  3. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2011 asli dan fotokopi.
  4. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  5. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
  6. Mengisi dan membawa Form Pernyataan SP3 yang sudah bermaterai dan ditandatangani orang tua / wali calon mahasiswa.
    Download Form SP3

Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.

FOTO

Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.

SIDIK JARI

Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.

CETAK KARTU PESERTA

  1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
  2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.



Biaya Pendidikan:
PROGRAM STUDI JENJANG SOP SP3
KELOMPOK IPA
Analis Medis D3 2.400.000 3.000.000
Radiologi D3 4.000.000 4.500.000
Rehabilitasi Medik/Fisioterapi D3 2.400.000 3.000.000
Pengobatan Tradisional D3 2.450.000 3.000.000
Teknik Kesehatan Gigi D3 1.500.000 4.000.000
Kesehatan Ternak Terpadu D3 2.500.000 6.000.000
Sistem Informasi D3 3.000.000 7.500.000
Otomasi Sistem Instrumentasi D3 2.000.000 3.000.000
Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja D3 2.000.000 3.000.000
KELOMPOK IPS
Akuntansi D3 2.000.000 5.000.000
Perpajakan D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Pemasaran D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Perhotelan D3 2.500.000 6.000.000
Manajemen Perbankan D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran D3 2.500.000 6.000.000
Teknisi Perpustakaan D3 1.000.000 3.000.000
Kepariwisataan / Bina Wisata D3 2.000.000 5.000.000
Bahasa Inggris D3 1.500.000 5.000.000

Keterangan
SOP = Sumbangan Operasional Pendidikan
(dibayarkan setiap semester tanpa tambahan biaya perkuliahan)
SP3 = Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan
(dibayarkan sekali pada saat diterima)

Jadwal Kegiatan:

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR DIPLOMA UNAIR
KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian (Pra - Pendaftaran) 28 Juli - 5 Agustus 2011
Verifikasi Dokumen / Pendaftaran 1 - 6 Agustus 2011
Pelaksanaan Ujian Tulis 7 Agustus 2011
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 10 Agustus 2011
Registrasi Mahasiswa Baru 11 - 13 Agustus 2011

Materi Ujian

MATERI UJIAN TPPA-UNAIR

JALUR-DIPLOMA

Materi Ujian untuk Jalur Diploma terdiri dari:

  • TES POTENSI AKADEMIK :
    • Kemampuan Verbal
    • Kemampuan Numerik
    • Kemampuan Penalaran

  • TES PRESTASI AKADEMIK :
    • KELOMPOK UJIAN IPA
      • Matematika
      • Biologi
      • Fisika
      • Kimia
      • Bahasa Inggris
    • KELOMPOK UJIAN IPS
      • Matematika
      • Sosiologi & Antopologi
      • Tata Negara
      • Ekonomi
      • Geografi
      • Sejarah
      • Bahasa Inggris
    • KELOMPOK UJIAN IPC
      • Materi ujian kelompok IPC adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian IPA dan IPS

*Info dapat berubah sewaktu waktu, oleh sebab itu, diharapkan calon Mahasiwa terus Update di Website Sumber

Info Lebih Lengkap
Share this article :

1 komentar:

Ni Wayan Safitri mengatakan...

lho kalo pendaftaran lewat online gimana taunya kalo tingginya kurang atau nggak???

Poskan Komentar

Selamat berkomentar !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Iptek Today - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger